JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 13 CGP 7
Peristiwa (Facts)
Pada dua minggu ini
saya sudah tidak mempelajari materi modul, kegiatan hanya melengkapi tugas-tugas
yang belum saya selesaikan. Pada tanggal 4 Juni 2023 tepat sehari sebelum batas
du date saya menyelesaikan tugas Koneksi Antar Materi modul 3.3. Pada tugas ini
saya membuat koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul
sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang
berdampak pada murid. Kegiatan ini membuat saya harus melakukan kilas balik dan
mereview kembali pemahaman seluruh materi modul dari 1.1 sampai dengan 3.3 untuk
kemudian membuat sebuah sintesa pemahaman. Sintesa pemahaman ini dibuat dalam
bentuk atau format tulisan reflektif tentang program yang berdampak pada murid,
dan disimpan dalam format PDF. Dalam tulisan itu saya diminta mendeskripsikan perasaan
saya setelah mempelajari modul 3.3, menyimpulkan dan membuat intisari materi,
dan membuat keterkaitan antara modul 3.3 dengan dengan modul-modul sebelumnya.
Setelah itu saya diminta menjelaskan perspektif saya tentang program yang
berdampak positif pada murid, dan bagaimana seharusnya program-program atau
kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar
program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid.
Perasaan (Feelings)
Saya sangat
tertantang dengan tugas Koneksi Antar Materi, karena sesungguhnya saya merasa sedang
merangkai benang merah dari seluruh materi modul yang sudah saya pelajari. Menurut
saya muara akhir dari seluruh kegiatan PGP adalah bagaimana kita bisa menuntun
murid mengeksplorasi potensi yang dimiliki untuk kebahagiaan dan keselamatannya
di masa depan. Dan hal itu baru bisa diwujudkan jika sekolah bisa menciptakan
iklim dan budaya yang baik di sekolah dengan menghadirkan program dan kegiatan
yang bisa berdampak positif bagi mereka. Saya merasa harus mengubah kebiasaan
yang selama ini berjalan di sekolah saya, termasuk pada diri saya, untuk tidak
memaksakan suatu program yang dianggap baik kepada murid. Guru hanya
fasilitator, bukan penentu segalanya.
Pembelajaran (Findings)
Rencana Penerapan (Future)
Setelah
pembelajaran pada dua minggu ini yang ingin saya
lakukan adalah :
1. Mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung
tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya
sendiri.
2. Mendiseminasikan
materi modul 3.3 agar komunitas sekolah memiliki kesamaan konsep dan bergerak
serentak dalam merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program
pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.
3. Menggerakkan
komunitas sekolah untuk bersama-sama menerapkan konsep kepemimpinan murid pada
program atau kegiatan sekolah
4. Melakukan
pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan
pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya
sekolah agar bisa berdampak positif bagi murid
Bangkalan 270623 17.21
Komentar
Posting Komentar