JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 13 CGP 7

Peristiwa (Facts)

 

Pada dua minggu ini saya sudah tidak mempelajari materi modul, kegiatan hanya melengkapi tugas-tugas yang belum saya selesaikan. Pada tanggal 4 Juni 2023 tepat sehari sebelum batas du date saya menyelesaikan tugas Koneksi Antar Materi modul 3.3. Pada tugas ini saya membuat koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid. Kegiatan ini membuat saya harus melakukan kilas balik dan mereview kembali pemahaman seluruh materi modul dari 1.1 sampai dengan 3.3 untuk kemudian membuat sebuah sintesa pemahaman. Sintesa pemahaman ini dibuat dalam bentuk atau format tulisan reflektif tentang program yang berdampak pada murid, dan disimpan dalam format PDF. Dalam tulisan itu saya diminta mendeskripsikan perasaan saya setelah mempelajari modul 3.3, menyimpulkan dan membuat intisari materi, dan membuat keterkaitan antara modul 3.3 dengan dengan modul-modul sebelumnya. Setelah itu saya diminta menjelaskan perspektif saya tentang program yang berdampak positif pada murid, dan bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid.

 

 

Perasaan (Feelings)

 

Saya sangat tertantang dengan tugas Koneksi Antar Materi, karena sesungguhnya saya merasa sedang merangkai benang merah dari seluruh materi modul yang sudah saya pelajari. Menurut saya muara akhir dari seluruh kegiatan PGP adalah bagaimana kita bisa menuntun murid mengeksplorasi potensi yang dimiliki untuk kebahagiaan dan keselamatannya di masa depan. Dan hal itu baru bisa diwujudkan jika sekolah bisa menciptakan iklim dan budaya yang baik di sekolah dengan menghadirkan program dan kegiatan yang bisa berdampak positif bagi mereka. Saya merasa harus mengubah kebiasaan yang selama ini berjalan di sekolah saya, termasuk pada diri saya, untuk tidak memaksakan suatu program yang dianggap baik kepada murid. Guru hanya fasilitator, bukan penentu segalanya.

 

 

Pembelajaran (Findings)

 Program yang berdampak positif bagi murid baik itu program intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler adalah program yang bisa mengembangkan student agency murid melalui kegiatan yang dilakukan pada program tersebut. Dengan demikian murid harus dilibatkan secara aktif pada setiap tahapan kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai pada evaluasi. Dengan begitu mereka akan memiliki rasa tanggung jawab dan bisa memegang kendali terhadap tujuan dan proses pembelajaran yang dilakukan. Untuk itu dalam setiap program yang dibuat murid harus diberdayakan student agency-nya melalui suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership).

 

 

Rencana Penerapan  (Future)

 

Setelah pembelajaran pada dua minggu ini yang ingin saya lakukan adalah :

1.  Mengupayakan terwujudnya lingkungan sekolah yang mendukung tumbuhnya murid-murid yang mampu menjadi pemimpin dalam proses pembelajarannya sendiri.

2.  Mendiseminasikan materi modul 3.3 agar komunitas sekolah memiliki kesamaan konsep dan bergerak serentak dalam merencanakan, menginisiasi dan mengorganisasi kerangka program pengembangan sekolah yang mendorong kepemimpinan murid berbasis data dan bukti.

3.  Menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama menerapkan konsep kepemimpinan murid pada program atau kegiatan sekolah

4.  Melakukan pendampingan kepada seluruh komunitas sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan reflektif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah agar bisa berdampak positif bagi murid

 

  

 

 

Bangkalan 270623  17.21


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 5 CGP 7

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan 1 CGP 7

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 11 CGP 7