JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN 9 CGP 7
Peristiwa
(Facts)
Kegiatan belajar pada dwi mingguan ke-9 masih
melanjutkan paket modul 3.1 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber
Daya dan memasuki
alur “Eksplorasi Konsep”diawali pada tanggal 3-4 April 2023. Alur eksplorasi
konsep ini terdiri dari dua kegiatan. Pada kegiatan pertama CGP diminta
mempelajari 16 bacaan yang mempelajari konsep pengambilan keputusan berbasis
nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin dalam sekolah sebagai institusi
moral, dan pengambilan keputusan seorang pemimpin yang berdasarkan 3 unsur
yaitu berpihak pada murid, bertanggung jawab, serta berdasarkan nilai-nilai
kebajikan universal. Pada tahap ini kami secara mandiri mengeksplorasi
pengetahuan tentang kasus dilema etika dan bujukan moral melalui kegiatan
membaca, mengomentari, menjawab pertanyaan pemantik, dan menganalisis kasus
mengenai 4 paradigma, 3 prinsip, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian
keputusan. Kegiatan kedua alur eksplorasi konsep merupakan forum diskusi luring
tertulis. Di LMS disediakan 4 kasus mengenai dilema etika dan bujukan moral.
Masing-masing CGP diminta memilih 1 kasus untuk dianalisis, dan memberikan
minimal dua komentar/t anggapan terhadap hasil analisis CGP lainnya yang
diunggah di LMS terkait pengambilan keputusan berdasarkan 4 paradigma, 3
prinsip, serta 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
Setelah menyelesaikan
alur eksplorasi konsep, kegiatan selanjutnya yaitu alur ruang kolaborasi. Alur
ini terdiri dari 2 sesi. Sesi 1 adalah kerja kelompok pada tanggal 5 April 2023.
Saya tergabung dalam kelompok bersama 3 rekan yaitu Ibu Cahyani Widayati dari
SMPN 4 Bangkalan, Bapak Ilham Saputra dari SMPN 2 Bangkalan, dan Ibu Nurul
Qomariyah dari SDN Pejagan 1. Masing-masing kelompok diminta mengangkat sebuah kasus
nyata yang mengandung dilema etika, kemudian berkolaborasi menganalisa kasus
untuk menentukan paradigma yang digunakan dalam studi kasus tersebut, prinsip
resolusi, dan tahapan pengambilan serta pengujian keputusan yang diambil.
Kemudian sesi 2 yaitu forum diskusi dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023. Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil tugas kelompoknya dan mendapatkan tanggapan serta
pertanyaan dari kelompok lain sebagai bahan perbaikan tugas kelompok. Hasil
tugas kelompok yang sudah diperbaiki berdasar masukan dalam forum diskusi kami
unggah di LMS sebagai tugas Ruang Kolaborasi.pada tanggal 13 April 2023.
Alur yang berikutnya adalah Demontrasi Kontekstual
pada tanggal 11-12 April 2023. Dalam alur ini masing-masing CGP ditugaskan
untuk melakukan wawancara kepada 2-3 kepala sekolah (salah satunya adalah
kepala sekolah asal) mengenai kasus dilema etika yang terjadi di sekolah mereka,
kemudian CGP diminta melakukan analisis praktik pengambilan keputusan yang
telah mereka buat dan mengaitkannya dengan pengetahuan yang sudah dipelajari di
modul 3.1 tentang 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengujian. Jalannya
wawancara saya rekam dalam bentuk video kemudian saya tambahkan keterangan dan
saya upload di Youtube sebagai tugas alur Demontrasi Kontekstual pada tanggal
17 April 2023.
Untuk mengelaborasi pemahaman CGP terhadap materi modul
3.1, kami memasuki alur Elaborasi Pemahaman pada tanggal 14 April 2023. Kami
melakukan diskusi dan tanya jawab secara daring dengan dipandu oleh instruktur
Bapak Fathuddin Muchtai. Walaupun ada penbedaan pendapat, namun secara umum
alur Elaborasi Pemahaman semakin menebalkan pemahaman saya tentang Pengambilan
Keputusan Berbasis Nilai-Nilai Kebajikan sebagai Pemimpin.
Perasaan (Feelings)
Saya merasa sangat senang, bersemangat dan antusias
mempelajari materi CGP karena banyak pengetahuan baru yang saya dapat.
Sebelum mempelajari modul ini sebenarnya
saya pernah dihadapkan pada kondisi dilema, berada pada posisi yang
sulit untuk membuat keputusan. Sekarang saya tahu bahwa itu disebut dilema
etika. Dan jika saya mendapati lagi kasus yang mengandung dilema etika, saya tertantang
untuk menerapakan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan dan
pengujian keputusan sehingga
keputusan yang diambil tepat. Saya merasa bersyukur, dengan mempelajari modul
3.1, sehingga saya memiliki panduan untuk
bisa membuat keputusan terbaik.
Pembelajaran (Findings)
Sebuah keputusan yang tepat yang dibuat oleh pemimpin pembelajaran adalah
keputusan yang didasarkan pada nilai-nilai kebajikan
universal, berpihak pada murid
dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika dalam pengambilan keputusan kita dihadapkan pada
dua situasi benar vs benar berdasarkan nilai-nilai kebajikan maka kasus
tersebut mengandung dilema etika. Pengambilan keputusan yang mengandung dilemma
etika didasarkan pada 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah
pengambilan dan pengujian keputusan.
Namun jika masalah kasus yang dihadapi menyangkut benar vs salah, maka itu
termasuk bujukan moral.
Untuk mendapatkan
keputusan yang baik diperlukan keterampilan coaching. Dengan keterampilan
coaching seseorang bisa menjadi coach
bagi dirinya sendiri dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan berbobot untuk
mengidentifikasi masalah, memprediksi hasil dan merumuskan aksi nyata. Sehingga
keputusan yang diambil sudah melewati proses penggalian informasi secara
faktual dan mendalam. Di samping itu agar keputusan yang diambil bisa
dipertanggungjawabkan resiko dan konsekuensinya, maka dalam pengambilan
keputusan diperlukan KSE yang terdiri dari kesadaran diri, pengelolaan diri,
kesadaran sosial, dan keterampilan berelasi agar dapat menentukan pilihan
berdasarkan kesadaran penuh dengan berbagai pilihan dan konsekuensi yang ada
sehingga dapat mengambi keputusan yang bertanggung jawab.
Rencana Penerapan (Future)
Setelah
pembelajaran pada modul ini penerapan dan perubahan yang ingin saya lakukan
adalah :
1. Setiap
keputusan yang saya ambil akan selalu didasarkan
pada nilai-nilai kebajikan universal, berpihak pada murid dan dipertanggung jawabkan.
2. Jika
keputusan yang akan saya ambil berkaitan dengan bujukan moral maka saya akan
mengambil keputusan berdasarkan nilai yang benar. Sedangkan jika keputusan yang
akan saya ambil berkaitan dengan dilema etika maka saya akan menerapkan 4 paradigma,
3 prinsip dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan.
3. Dalam
pengambilan keputusan saya akan melakukan coaching pada diri saya sendiri dan
berada dalam kesadaran penuh, sehingga saya perlu meningkatkan KSE agar setiap
keputusan yang saya ambil merupakan keputusan yang bertanggung jawab.
Bangkalan 200523 20.54
Bangkalan 200523 20.54
Komentar
Posting Komentar